Site Loader
Memilih amplifier terbaik

Amplifier merupakan serangkaian perangkat elektronik yang digunakan untuk memperkuat sinyal output pada suara. Di Indonesia, perangkat ini sering digunakan untuk keperluan Ibadah seperti Masjid. Saat ini sudah banyak amplifier terbaik untuk Masjid yang bisa digunakan.

Banyak jenis amplifier yang bisa Anda beli di beberapa toko offline maupun online. Tapi ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan terlebih dahulu sebelum membeli amplifier untuk Masjid. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum membeli amplifier:

1. Spesifikasi Amplifier

Tidak semua amplifier bisa digunakan untuk berbagai keperluan, termasuk juga amplifier untuk Masjid. Amplifier untuk alat musik dan kendaraan tentu saja tidak bisa digunakan di dalam masjid. Karena keduanya sangat tidak sesuai dengan kebutuhannya untuk digunakan di dalam Masjid.

Amplifier yang digunakan di dalam masjid harus memiliki daya keluaran watt yang sangat tinggi. Karena jangkauan suara dari Masjid harus menjangkau banyak orang, misalnya sekampung harus dengar suara Adzan atau pengumuman penting. Jadi amplifier yang digunakan di dalam Masjid adalah amplifier untuk speaker.

Jka menggunakan amplifier untuk kendaraan, tentu saja suara yang dihasilkan tidak akan nyaring seperti amplifier untuk speaker. Sehingga suara dari dalam masjid tidak akan menjangkau banyak orang.

2. Luas Ruangan atau Lokasi

Jika digunakan untuk ruangan yang luas, amplifier yang digunakan tentu saja harus memiliki daya keluaran yang tinggi. Ukuran daya listrik yang dibutuhkannya pun juga lebih besar dibandingkan amplifier untuk ruangan kecil. Jadi Anda juga bisa menggunakan amplifier berkekuatan 10 Watt jika untuk keperluan rumah saja.

Tapi daya keluaran amplifier sebesar itu tidak akan cukup jika digunakan untuk pertunjukkan atau acara-acara besar. Kekuatannya mungkin 100 watt atau bahkan lebih jika ingin berfungsi dengan normal. Meskipun disimpan di dalam ruangan, tapi speaker di Masjid harus menjangkau satu kampung, sehingga daya yang dikeluarkan juga harus besar.

Setiap produsen amplifier biasanya juga memiliki ciri khas masing-masing pada output suara yang dihasilkannya. Oleh sebab itu Anda harus mencari referensi terlebih dahulu amplifier mana yang sesuai dengan kebutuhan. Misalnya amplifier Marshall memiliki ciri khas suara klasik untuk gitar listrik.

Sementara Amplifier merk Roland sangat terkenal dengan hasil keluaran suara yang lebih jernih. Tapi sebagian besar masyarakat Indonesia menggunakan amplifier TOA untuk keperluan Masjid dan itu sudah digunakan sejak lama. Sehingga sampai sekarang masih digunakan karena kualitas suara yang dihasilkannya sangat nyaring.

3. Bentuk dan Tipe Amplifier

Jika dulu amplifier itu berbentuk seperti tabung kotak besar yang besar dan sulit untuk dibawa, sekarang sudah ada yang berukuran mini dan portable. Sehingga bentuk amplifier ini sangat cocok dibawa kemana-mana. Tapi kekuatan suaranya tidak akan sebagus amplifier yang berukuran normal.

Sebagian besar amplifier yang digunakan di dalam Masjid berbentuk tabung kotak agar suara yang dihasilkan lebih nyaring. Tapi biasanya pengurus Masjid akan melakukan perombakan supaya suara yang dihasilkan bisa lebih keras, namun tetap jernih. 

Jenis amplifier yang umumnya digunakan di dalam Masjid adalah amplifier dengan transistor penguat, amplifier dengan mosfet, dan amplifier dengan IC Power. Bahkan masih juga ada yang menggunakan amplifier dengan IC Power yang dikombinasikan dengan trafo. Semuanya kembali menyesuaikan dengan budget yang dimiliki.

4. Power Amplifier Terbaru

Pada amplifier keluaran terbaru biasanya sudah mengalami perubahan dimana di dalamnya tidak ada lagi saluran Mix dan AUX. Tombol yang tersedia hanya sebatas untuk level control dan tone control saja. 

Jika menggunakan amplifier terbaru, sebaiknya gunakan limiter untuk melindungi corong dari kerusakan. Karena limiter ini bisa menghindari overload suara yang dihasilkan dari suara Muadzin. Sehingga suara Adzan yang dihasilkan juga akan lebih nyaring namun tetap enak untuk didengar.

Itulah sedikit ulasan tentang cara memilih amplifier terbaik untuk Masjid. Amplifier memang menjadi komponen yang wajib ada di dalam masjid karena akan membuat suara yang dihasilkan menjadi lebih kuat dan tetap dan jernih. Tapi Anda tetap harus menyesuaikannya dengan budget yang dimiliki. Semoga bermanfaat.

Baca juga: 5 Tips Memilih Sound System Rumahan Untuk Karaokean

[Total: 1   Average: 5/5]
Bagikan jangan lupa yaa ...

Post Author: soundcctvcom

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *