Site Loader
jasa pasang cctv murah

Penjelasan Lengkap Kamera CCTV, saat ini di setiap perusahaan kecil ataupun besar sudah menggunakan kamera CCTV. Tujuannya tidak lain untuk meningkatkan kemamanan.

Jika ada kehilangan atau sesuatu yang mencurigakan, rekaman CCTV ini bisa menjadi bukti kuat. Lalu CCTV itu sebenarnya apa sehingga saat ini banyak perusahaan bahkan rumah pribadi menggunakannya.

Berikut kami akan kasih sedikit ulasannya tentang CCTV beserta komponen-komponennya :

1. Pengertian CCTV

CCTV sendiri merupakan singkatan dari kata Closed Circuit Television. Artinya CCTV ini menggunakan sinyal yang sifatnya tertutup atau rahasia. Hal ini berbeda dengan Televisi yang sering kita lihat yang umumnya menggunakan sinyal broadcast.

CCTV ini adalah serangkaian sistem komputer yang menggunakan videokamera untuk merekam gambar di suatu tempat atau waktu dimana perangkat tersebut dipasang. Saat ini CCTV sering digunakan sebagai pelengkap sistem keamanan di berbagai lokasi, misalnya bandara, kantor, pabrik, hingga toko-toko kecil sekalipun.

Seiring berkembangnya teknologi, bahkan perangkat CCTV ini sudah banyak digunakan dalam lingkungan yang lebih spesifik seperti rumah pribadi. Biasanya, CCTV ini digunakan oleh orang yang berada dimana di dalam rumahnya terdapat banyak barang-barang penting dan berharga.

2. CCTV Jadul vs CCTV Zaman Now

Sebelum berkembang sampai sekarang, gambar dari kamera CCTV dikirim melalui kabel di sebuah ruang monitor tertentu dan membutuhkan pengawasa langsung oleh operator atau petugas keamanan. Selain itu, resolusi gambar yang ditampilkan juga sangat rendah, yaiut 1 image per 12.8 second.

Jadi dulu itu CCTV masih menggunakan sistem konvensional VCR (Video Cassete Recorder). Tapi untuk sekarang ini, sistem CCTV sudah semakin canggih beriringan dengan berkembangnya dunia teknologi. Jadi sekarang kamera CCTV sudah menggunakan sitem teknologi modern.

Kamera CCTV yang sudah beredar saat ini sudah menggunakan sistem digital, dimana bisa dioperasikan dan dikontrol dengan Komputer atau Handphone. Selain itu juga bisa dimonitor dari mana saja dan kapan saja selama terdapat koneksi internet.

3. Komponen CCTV

3.1. Kabel Coaxial

Kabel Coaxial merupakan jenis kabel yang digunakan untuk mengirimkan sinyal video dari kamera CCTV ke monitor. Berdasarkan diameter kabel dan jarak maksimumnya, kabel Coaxcial ini dibedakan menjadi tiga tipe yaitu RG-59, RG-6, dan RG-11.

  • RG-59: diameter 0.25 inci dan panjang maksimum instalasi 750 kaki,
  • RG-6: diameter 0.28 inci dan panjang maksimum instalasi 1000 kaki,
  • RG-11: diameter 0.405 inci dan panjang maksimum instalasi 1500 kaki.

3.2. Kabel Power

Untuk jenis kabel ini bisa kita sesuaikan dengan daya yang diperlukan oleh perangkan lain atau C 220V ke adaptor dan power supply. Hati-hati jangan sampai terbalik ketika akan memasangkannya. Kabel Power terdiri dari 2 jenis yaitu NYA dan NYM. NYA memiliki ukuran 2×1.5 mm, sementara NYM memiliki ukuran 3×2.5 dan disertai dengan instalasi pipa hight impact conduit supaya lebih aman.

3.3 Konektor RF

Biasanya konektor yang umum dipasang pada ujung Coaxcial adalah tipe BNC (Bayone Neill Concelman). Fungsi konektor ini yaitu untuk menghubungkan kamera CCTV dengan alat perekam (DVD) maupun secara langsung ke monitor.

3.4. Tang Crimp

Tang Crimp juga termasuk komponen penting dalam perlengkapan kamera CCTV. Tang ini berfungsi untuk memotong kabel. Tapi Tang Crimp memiliki keunikan tersendiri karena didesain khussu untuk memasang konektor BNC ke kabel Coaxcial.

Sebenarnya kita juga bisa menggunakan tang lain pada umumnya, hanya saja kita akan sedikit kesulitan untuk memasangnya. Selain itu hasilnya juga tidak akan serapih dan secepat menggunakan tang crimp.

3.5. Adaptor dan Power Supply

Fungsi utama dari kedua komponen ini yaitu untuk memberikan tegangan pada kamera CCTV supaya bisa berfungsi. Jenis adaptor dan Power Supply juga beragam sesuai dengan teganannya.
Setiap kamera CCT menggunakan adaptor dan power supply yang berbeda-beda tergantung dari jenis kamera CCTV itu sendiri.

3.6. Network Video Recorder (NVR)

Fungsi dari komponen yang satu ini yaitu untuk menyimpan rekaman dari segala aktivitas yang berhasil ditangkap oleh kamera CCTV. Karena NVR ini adalah perangkat perekam yang berbasis protokol internet, maka distribusi gambar atau video akan ditransfer melalui jaringan.

NVR ini bisa dikelola secara remote dengan LAN atau internet lainnya sehingga lebih fleksibel ketika digunakan. Jadi bisa kita katakan kalau NVR ini adalah DVR-nya sistem IP Kamera CTV. NVR ini juga bisa berupa hardware atau software yang diaplikasikan ke hardware lainnya seperti Laptop, Notebook, atau perangkat sejenis lainnya.

3.7. Kamera CCTV

Kamera CCTV bertugas untuk memantau dan mengirimkan sinyal video di suatu ruangan tertentu yang kemudian mengirmkannya ke DVR untuk ditampilkan ke layar monitor. Kamera CCTV ini berfungsi untuk memantau keadan dalam area tertentu yang berkaitan dengan keamanan atau tindak kejahatan.

Dengan begitu, jika terjadi sesuatu yang berkaitan dengan kriminal akan terekam oleh kamera CCTV, sehingga nantinya bisa dijadikan bahan bukti.

3.8. Digital Video Recorder (DVR)

DVR ini bertugas untuk menyimpan data visual untuk direkam kemudian diubah menjadi video yang bisa dimunculkan pada monitor. Format file ekstensi dari hasil dari rekamannya juga beragam seperti GCIF, MPEG4, dan AVI.

Kita bisa atur sendiri sesuai keinginan format file ekstensi mana yang diperlukan. Untuk kapasitas penyimpanannya sendiri sekitar 100GB lebih dan bisa kita perluas lagi hingga 1TB.

Tapi penyimpanan dari DVR ini sifatnya sementara, minimal 2 atau 3 bulan akan reset dan kapasitasnya penyimpanannya kembali normal. Jadi kita harus menyimpan data yang benar-benar dibutuhkan ke Flashdisk, CD, atau Hardisk supaya tersimpan dengan aman.

3.9. Monitor atau TV

Monitor berfungsi untuk memantau kamera CCTV. Sebenarnya untuk monitor tidak perlu yang mewah-mewah. Kita bisa gunakan monitor LCD, LED, CRT atau bahkan monitor tabung.

Akan tetapi monitor yang digunakan harus bisa menampilkan banyak kamera seperti 2 x2, 3×3, dan sebagainya. Visual ini juga harus memperhatikan layar monitor jangan sampai terlal kecil atau besar.
Intinya layar harus bisa menjadi 4 bagian dari 4 kamera CTV. Dari sini kita bisa menebak ukuran layar monitor minimal 14 inci.

Baca juga: Tips Trik Memilih Kamera CCTV untuk Keamanan di Rumah

Demikian ulasan lengkap tentang CCTV dan komponen-komponennya. Jangan lupa untuk terus berkunjung ke Website kami untuk mendapatkan update terbaru tentang CCTV. Anda juga mempercayakan masalah CCTV ke SOUNDCCTV.COM.

Jasa pasang cctv murah - soundcctv.com

* Informasi lebih lanjut mengenai layanan kami, CEPAT WhatsApp ke +62 87857190654

(jasapasacctv/blog)

[Total: 0   Average: 0/5]
Bagikan jangan lupa yaa ...

Post Author: soundcctvcom